Motivasi: Menulis dan Membaca

Posted at March 3, 2016 by admin on category Motivasi Menulis

Kita belajar menulis dengan menulis (belajar membaca dengan membaca, belajar berenang dengan nyemplung ke air, dst). Dan itu disebut “truisme (truism)” karena itu memang benar (true). Satu-satunya cara utk belajar menulis adalah MEMAKSA diri kita utk menghasilkan kata-kata secara teratur dalam jumlah tertentu (William Zinsser). Sederhananya ya berlatih utk membaca dan menulis.
Jika Anda bekerja pada media yg menuntut Anda menulis dua atau tiga artikel sehari, Anda akan menjadi penulis yang baik setelah enam bulan. Tentu saja tidak semua tulisan Anda akan baik tapi pekerjaan tersebut akan mendorong Anda utk kompeten dalam menulis. Saya rasa ini juga sebuah “truisme”.
Jika kita telah memahami truisme ini lantas apa kira-kira yg akan kita lakukan pada siswa kita agar mereka kelak memiliki ketrampilan membaca dan menulis?
Dalam skala bangsa, apakah kita pernah benar-benar memikirkan pentingnya kemampuan membaca dan menulis siswa dan apakah itu tercermin dalam kurikulum sekolah anak-anak kita?
(Satria Dharma)
(Visited 46 times, 1 visits today)


Related Posts to Motivasi: Menulis dan Membaca





Skip to toolbar