Empat Cara Membaca yang Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran dan Kebutuhan Siswa

Empat Cara Membaca yang Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran dan Kebutuhan Siswa menurut Gerakan literasi sekolah yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal pendidikan dasar dan menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

1. Membacakan Nyaring (Read Aloud)
Pada cara ini Guru membacakan buku untuk siswa dengan nyaring dengan tujuan menumbuhkan minat baca dan pemahaman siswa, mengenalkan kosakata baru, menjadikan guru teladan, membaca mendiskusikan buku bersama siswa. Media yang dapat digunakan untuk cara membaca nyaring ini  adalah buku pengayaan, buku teks pelajaran, daftar pertanyaan untuk pemandu diskusi.

2. Membaca Terpandu (Guided Reading)


Pada cara membaca terpandu Guru memandu kelompok yang terdiri atas 4 sampai 6 siswa untuk membaca bacaan yang sama. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman membaca melalui kegiatan, mendiskusikan bacaan, meningkatkan kefasihan membaca dengan meminta siswa untuk membaca dengan nyaring secara bergantian.
Media yang digunakan buku pengayaan, buku teks pelajaran, media untuk berdiskusi papan tulis alat tulis, kertas flipchart.

3. Membaca Bersama (shared Reading)

Pada cara membaca ketiga ini Guru membacakan buku untuk siswa dengan nyaring, dengan tujuan Memperagakan cara membaca, Meningkatkan ke fasihan membaca melalui intonasi dan tempo membaca.
Media yang digunakan buku besar untuk kelompok siswa dengan jumlah besar, buku pengayaan atau teks pelajaran untuk kegiatan guru membaca bersama siswa satu persatu.

4. Membaca Mandiri (Independent Reading)

Cara membaca yang ke empat adalah Siswa memilih bacaan dan membaca secara mandiri. Tujuannya Menumbuhkan minat membaca, Meningkatkan kemampuan membaca membangun ekosistem sekolah yang gemar membaca.
Media yang dapat digunakan adalah buku pengayaan yang dipilih sendiri oleh siswa.

Demikian Empat Cara Membaca yang Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran dan Kebutuhan Siswa

0 komentar